Cara Menyimpan Vektor ke Format PSD dari Inkscape

Roman Elloin - Juli 18, 2023   ,


Halo teman-teman! Semoga kalian semua dalam keadaan baik-baik saja dan hari ini berjalan dengan lancar. 

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan tutorial singkat tentang cara menyimpan vektor ke format PSD dari Inkscape. Jika kalian belum memiliki software Inkscape, kalian bisa mengunduhnya langsung dari situs web resminya yang dapat kalian temukan di alamat www.inkscape.org


Mari kita langsung masuk ke dalam langkah-langkahnya.

1. Pertama-tama, buka Inkscape dan buatlah desain vektor sebagai contoh dalam tutorial ini. Pada contoh kali ini desain tersebut memiliki beberapa lapisan (layer) atau objek-objek.

.

.


2. Selanjutnya, simpan desain tersebut dengan cara klik "File" lalu pilih "Save" atau "Save As", atau gunakan pintasan keyboard "CTRL+S". 

.

Saat menyimpan, pastikan kalian memilih format file (.svg) dan klik "Save" untuk menyimpannya.

.


3. Setelah itu, buka peramban (browser) yang kalian inginkan, bisa menggunakan apa saja, dan akses situs web photopea.com. Pastikan tampilan situs web tersebut sesuai dengan yang ditunjukkan dalam tutorial.

.

4. Pada Photopea, klik "File" dan pilih "Open". 

.

Cari file (.svg) yang telah kita simpan sebelumnya dan pilih untuk membukanya.

.

5. Setelah file terbuka di Photopea, kalian akan melihat semua lapisan (layer) yang ada dalam desain tersebut. Pastikan semuanya terlihat dengan benar dan sesuai harapan kalian.

.

.

6. Selanjutnya, pergi ke menu "File" dan pilih "Save As PSD". 

.

Buat nama file sesuai dengan vektor atau objek yang ada dalam desain, atau sesuaikan dengan keinginan kalian. Ini akan mengonversi file vektor menjadi format PSD yang dapat diedit di Adobe Photoshop atau software lainnya yang mendukung format tersebut.

.

7. Dan dengan itu, proses penyimpanan ke format PSD selesai. Kalian sekarang memiliki file PSD yang dapat diedit dengan lebih fleksibel dan mempertahankan semua layer dan elemen desain yang ada.

.


Jika kalian ingin menonton tutorial versi video, kalian dapat melihatnya di bawah ini:


Sekian tutorial singkat tentang cara menyimpan vektor ke format PSD dari Inkscape. Kami harap tutorial ini bermanfaat bagi kalian dalam melanjutkan karya-karya kreatif kalian! Jangan ragu untuk menghubungi kami jika kalian memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan tambahan.

Terima kasih sudah membaca tutorial ini. Jika kalian memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui Instagram, Telegram, atau Youtube. Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya!



Profil
Ahmad Arzaha
3D Artist
Hello, i am Ahmad Arzaha, currently work as a 3D Freelance Artist based in Indonesia. I do love to create stuff especially 3D arts and illustrations
Ahmad Arzaha
@ahmadarzaha